Home » Otomotif » Tips Perawatan » Tips Mudah agar Mobil Irit BBM
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Tips Mudah agar Mobil Irit BBM

Tuesday, May 15th 2012. | Tips Perawatan

Tips Agar Cepat Hamil

mobil isi BBMCafeBerita.com – Menghemat BBM, itulah yang ada di pikiran seseorang yang suka membawa kendaraan bermotor terutama mobil. Harga BBM yang terus meningkat hingga menyentuh angka Rp.10.000 bagi Pertamax 92 atau Pertamax Plus 95 merupakan suatu siksaan tersendiri bagi orang yang ingin menjaga kualitas mobilnya dengan mengisi bahan bakar non subsidi. Seperti yang kita ketahui bahwa konsumsi BBM bagi mobil hanya bisa mencapai 8-12km/liter, dimana angka itu lebih boros 3-4 kali dibandingkan dengan motor.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Beberapa hal perlu dilakukan bagi pengendara mobil agar kendaraanya menjadi lebih hemat BBM. Berikut beberapa tips agar mobil lebih hemat BBM :

  1. sebelum berkendara ke tempat yang jauh sebaiknya tentukan jalur atau rute perjalanan terlebih dahulu. Penentuan rute ini bertujuan agar jalur yang ditempuh bisa lebih singkat dan bebas macet. Hal ini perlu dilakukan agar waktu tidak banyak habis di jalanan. Bila tempat yang dituju cukup jauh, maka perjalanan dapat dilaksanakan pada malam hari atau pagi-pagi buta untuk menghindari keramaian jalan raya.
  2. bersikaplah selektif dalam membawa barang bawaan. Bila membawa terlalu banyak barang, akan membuat mobil terasa sesak dan penuh barang-barang yang tidak terpakai. Selain itu mobil akan terasa berat dan tanpa disadari konsumsi BBM akan meningkat.
  3. usahakan membawa mobil dalam kecepatan yang optimal. Hindari sikap berkendara kebut-kebutan, karena selain berpotensi kecelakaan akan membuat konsumsi BBM menjadi sangat boros. Sebagai pengendara yang budiman, berkendara dalam kecepatan yang stabil akan membuat konsumsi BBM irit dan terhindar dari kecelakaan.
  4. matikan AC bila tidak diperlukan. Apabila cuaca sedang tidak panas, lebih baik AC dimatikan dan tidak usah dipakai. Terutama saat mesin mobil pertama kali dinyalakan, AC lebih baik dinyalakan bila sudah berjalan cukup jauh karena beban mobil saat pertama kali dinyalakan sangat berat. Bila memaksa menyalakan AC sebelum berjalan maka mesin mobil akan terasa berat dan berakibat pada konsumsi BBM yang boros.
  5. menekan gas sesuai dengan irama mesin kendaraaan. Dalam mengendarai mobil, lebih baik menginjak gas secara perlahan dan sesuai dengan irama mesin. Selain untuk menambah akselerasi mobil, akan membuat BBM jauh lebih irit dibandingkan saat asal-asalan dalam memainkan gas. Selain itu, saat lampu merah sangat disarankan untuk tidak memainkan gas terlalu berlebihan. Karena memainkan gas saat lampu merah tidak ada gunanya dan hanya memboroskan bensin.
  6. selalu jaga tekanan angin ban pada batas normal. Tekanan angin ban pada mobil sangat berdampak pada konsumsi BBM. Karena ban mobil yang kurang angin akan berdampak pada beratnya jalan kendaraan sehingga saat berjalan harus menekan gas lebih agar bisa melaju lebih cepat.
  7. tutup semua jendela dan sunroof saat mobil berjalan. Jendela dan sunroof yang terbuka saat mobil berjalan akan membuat laju mobil berkurang dan terasa berat. Hal ini disebabkan karena body mobil sudah dirancang se-aerodinamis mungkin. Sehingga bila jendela terbuka saat mobil berjalan maka yang terjadi adalah gerak mobil menjadi lambat akibat tertahan angin.
  8. selalu lakukan service kendaraan secara berkala. Servis yang dilakukan secara berkala akan membuat performa mesin tetap baik dan pembakaran bahan bakar tetap terjaga kualitasnya. Selain itu jangan lupa untuk mengganti oli atau pelumas mesin agar gesekan mesin tidak terlalu besar dan mobil akan terasa lebih enteng saat dibawa berkendara.

Berdasarkan tips-tips di atas, ternyata sangat mudah untuk membuat mobil menjadi hemat BBM. Akan tetapi irit atau tidaknya mobil anda tergantung pada cara berkendara sehari-hari. Sekian tips-tipsnya semoga bermanfaat.(Herwin .T)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

apakah ac mobil dinyalakan konsumsi bbm, cara biar irit bbm mobil timor, membuat mobil irit dan kencang, membuat mobil timor lebih ngirit, mesin timor terasa berat saat ac hidup, mobil timor irit bbm apa boros, tip agar mobil timor irit dan kencang, tip trik cara biar mobil irit, trik agar mobil timor irit dan kenceng

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Tips Mudah agar Mobil Irit BBM

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya