Home » Kesehatan » Seputar Seks » 10 Fakta Tentang Vagina Yang Patut Diketahui

10 Fakta Tentang Vagina Yang Patut Diketahui

Tuesday, May 29th 2012. | Seputar Seks

Tips Agar Cepat Hamil

Fakta-Tentang-VaginaCafeBerita.com – Fakta tentang vagina berikut ini patut untuk diketahui bagi anda yang ingin menentukan cara yang tepat dalam merawat organ vital ini. Berbagai mitos tentang vagina beredar dalam kehidupan masyarakat. Banyak remaja maupun wanita dewasa yang terjebak dalam pemahaman yang salah mengenai Miss V mereka.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Temukan Fakta tentang vagina yang benar pada penjelasan berikut:

  1. Bentuk vagina : Vagina merupakan sebuah rongga atau ruangan yang elastis. Jika tidak ada suatu benda yang masuk ke dalam rongga, dinding antar vagina akan bersentuhan. Sebaliknya, bila ada benda yang masuk, rongga akan menyesuaikan. Bentuk vagina yang berkerut-kerut memungkinkan organ intim ini untuk menyempit, membesar ataupun memanjang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Bakteri Lactobacillus : Bakteri dengan jumlah yang banyak di dalam vagina adalah Lactobacillus. Jangan khawatir, bakteri ini tidak berbahaya karena membantu menyehatkan organ vital kita dengan melepaskan hidrogen peroksida. Pelepasan tersebut membantu mengontrol pertumbuhan dan penyebaran bakteri jahat di dalam vagina. Dengan begitu, setiap wanita bisa merasakan kenyamanan karena daerah vagina menjadi seimbang dan normal. Wanita yang ingin menjaga keasaman vagina perlu mengkonsumsi yogurt yang mengandung Lactobacillus hidup. Semakin banyak bakteri ini berkembang di dalam organ intim, semakin besar peluang anda terhindar dari infeksi.
  3. Ukuran vagina : Ukuran vagina antara perempuan satu dengan yang lainnya bervariasi. Pada saat anda merasa santai, Miss V bisa mencapai panjang antara 9-10 centimeter dengan diameter rata-rata 2,5 cm. Ketika vagina terstimulasi, maka akan terjadi perpanjangan yang bisa mencapai 12 –15 cm dengan lebar diameter kurang lebih 3,8 – 6,3 cm.
  4. Vulva : Apa itu vulva? Vulva merupakan bagian dari organ intim yang disebut juga dengan bibir vagina. Kebanyakan vulva berbentuk tipis dengan warna merah jambu sampai kebiruan. Namun, ada juga vulva yang berwarna kecoklatan dengan bentuk berkerut dan tebal. Ukuran vulva bervariasi. Saat wanita melahirkan atau berhubungan intim, vulva biasanya akan tampak memanjang.
  5. Sifat asam pada vagina : Banyak remaja yang selalu bertanya-tanya mengapa vagina memiliki sifat yang asam. pH asam tersebut dihasilkan oleh sel-sel vagina dan bakteri. Hormon estrogen yang dikeluarkan oleh ovarium merangsang sel-sel vagina untuk memproduksi dan melepaskan asam laktat. Sedangkan bakteri seperti lactobacillus juga mampu menghasilkan asam laktat sendiri. pH vagina yang dianggap normal berkisar antara 4.5 atau lebih rendah dari itu.
  6. Elastisitas selaput dara : Fakta tentang vagina selanjutnya berhubungan dengan selaput dara. Selaput dara merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dijaga dalam kultur budaya tertentu. Ada beberapa perempuan memiliki selaput dara elastis dimana penis dapat masuk ke dalam vagina tanpa melukai ataupun menyobeknya. Selaput dara elastis akan tetap bertahan dalam vagina sampai anda melahirkan bayi dengan normal. Selaput dara ini mempunyai bentuk yang variatif, ada yang dilengkapi satu, dua, bahkan banyak lubang.
  7. Kelembaban vagina : Vagina senantiasa mengeluarkan cairan yang berguna untuk membunuh bibit penyakit, mempertahankan kebersihan serta menjaga keasaman. Cairan ini juga berfungsi sebagai lubrikan saat seorang wanita melakukan hubungan intim.
  8. Faktor yang mempengaruhi pH vagina : pH asam vagina perlu dipertahankan agar terjadi keseimbangan. Ada beberapa faktor yang bisa menggangu keasaman vagina. Misalnya gizi buruk, pemakaian celana dalam yang terlalu ketat, kehamilan, kurang bersihnya vagina, konsumsi antibiotik, penggunaan alat kontrasepsi dan sperma.
  9. Infeksi vagina : Pada umumnya infeksi pada vagina ditandai dengan munculnya cairan berbau amis. Kemungkinan besar anda terinfeksi bakteri vaginosis. Hal ini terjadi dikarenakan keasaman dalam vagina terganggu dimana jumlah bakteri jahat lebih banyak dari bakteri yang baik. Ketidakseimbangan tersebut menyebabkan adanya infeksi. Cairan yang berlebihan dengan bau busuk kadangkala bisa menyebabkan kulit melepuh, gatal dan iritasi. Segera lakukan penanganan sejak dini!
  10. Kemampuan menyembuhkan diri  : Vagina memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri dengan cepat. Cedera pada vagina biasanya akan dialami saat anda melahirkan bayi dengan normal. Karena vagina kaya akan suplai darah, anda tidak perlu menunggu waktu yang cukup lama untuk pulih dan kembali beraktifitas.

Banyak orang menganggap pembicaraan seputar vagina merupakan sesuatu yang tabu untuk diperbincangkan. Anggapan semacam ini sebenarnya salah sebab pengetahuan tentang organ intim wanita perlu diberikan sebagai edukasi. Fakta tentang vagina membuat kaum hawa menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ vital. (Agt)

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

vagina lebar, ukuran lubang vagina, Warna vagina, vagina elastis, bentuk vagina normal, tentang vagina, elastisitas vagina, lebar vagina, vagina remaja, warna vagina normal

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 10 Fakta Tentang Vagina Yang Patut Diketahui

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya