Home » Kesehatan » Penyakit » 4 Penyebab Sering Kentut atau Buang Angin
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

4 Penyebab Sering Kentut atau Buang Angin

Saturday, September 29th 2012. | Penyakit

CafeBerita.com – Ada empat penyebab sering kentut yang paling utama. Kentut atau flatulence adalah suatu kondisi kesehatan yang ditunjukkan oleh adanya produksi gas di dalam tubuh. Gas tersebut adalah hasil proses pengolahan makanan di dalam perut. Kentut sendiri terdiri di lima gas buang yang tak berbau yang mencakup oksigen, metana, hidrogen, nitrogen dan CO2. Sedangkan bau yang menyengat merupakan hasil dari senyawa sulfur. Salah satunya adalah H2S atau hidrogen sulfida.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Kenali 4 Penyebab Sering Kentut
Berikut ini adalah empat penyebab sering kentut:

  1. Makanan yang tidak tercerna: Makanan di dalam perut yang tidak tercerna dengan sempurna bisa mengakibatkan tubuh memproduksi banyak gas. Beberapa jenis makanan seperti gula dan pati tidak bisa diurai dengan baik ketika tubuh kekurangan enzim. Akibatnya makanan tersebut mencapai usus dan diolah oleh berbagai macam enzim dalam bentuk gas. Pada akhirnya gas yang diproduski dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk kentut.
  2. Menelan udara: Anda mungkin tidak sadar bahwa beberapa kebiasaan makan bisa membuat anda menelan udara yang mempengaruhi banyak produsi gas dalam perut. Udara bisa saja tertelan saat anda mengkonsumsi minuman dengan menggunakan sedotan, menguyah permen karet dan saat makan sambil berbicara. Sebagian besar udara akan digunakan oleh tubuh saat terjadi metabolisme. Sedangkan sisanya akan dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk kentut.
  3. Aditif Buatan: Penyebab sering kentut berikutnya berhubungan dengan zat aditif buatan. Beberapa individu tidak memiliki toleransi yang tinggi terhadap zat aditif saat masuk ke dalam sistem percernaan. Zat aditif yang bisa anda temukan dalam makanan misalnya mantinol dan sorbitol. Bahan ini seringkali digunakan sebagai pemanis buatan untuk menggantikan gula asli dalam produk minuman dan makanan seperti permen. Zat aditif yang diproses secara tidak sempurna bisa membuat anda sering buang angin.
  4. Intoleransi makanan: Makanan tertentu  bisa menjadi penyebab sering kentut. Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan produk susu seperti susu bubuk dan keju. Hal ini dipicu oleh tubuh yang tidak bisa mencerna laktosa dengan baik. Akibatnya gas yang berlebih yang diproduksi perlu dikeluarkan dalam bentuk kentut. Sementara beberapa orang lainnya memiliki intoleransi yang tinggi terhadap gluten yang ditemukan pada produk gandum, misalnya roti, biskuit dan kue.

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 4 Penyebab Sering Kentut atau Buang Angin

Grosir Online Murah