Home » Kesehatan » Penyakit » Penyebab Batu Ginjal dan Cara Pencegahannya
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Penyebab Batu Ginjal dan Cara Pencegahannya

Wednesday, August 1st 2012. | Penyakit

Penyebab Batu Ginjal dan Cara PencegahannyaCafeBerita.com – Ada banyak kebiasaan yang merupakan penyebab batu ginjal. Sayangnya, banyak faktor penyebab tersebut yang sudah menjadi kebiasaan hidup bagi banyak orang, baik mereka sadari maupun tidak. Secara statistik, penyakit batu ginjal memang bukan termasuk dalam faktor penyebab kematian utama di Indonesia. Namun, menderita penyakit batu ginjal sudah cukup untuk mengurangi kualitas hidup secara signifikan. Belum lagi, waktu dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk pengobatannya. Bagaimanapun, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Pada dasarnya, penyebab batu ginjal adalah beberapa zat sisa metabolisme atau sisa pencernaan yang tidak ikut terbuang bersama urine. Zat-zat tersebut biasanya akan mengendap di dalam ginjal ataupun kandung kemih dan lama kelamaan akan mengkristal. Pertanyaannya sekarang adalah, apa saja yang menyebabkan kristalisasi tersebut?


Berikut adalah beberapa penyebab batu ginjal yang perlu Anda hindari:

  1. Sering Menahan Kencing: Kencing atau buang air kecil adalah proses dikeluarkannya cairan dan zat sisa metabolisme keluar dari dalam tubuh. Jika urine tidak dikeluarkan, maka cairan dan zat-zat tersebut akan diserap kembali oleh tubuh. Air dapat dengan mudah terserap kembali. Namun, zat-zat yang lain akan sulit diserap dan akhirnya membentuk endapan di dalam kandung kemih. Lama kelamaan, endapan ini dapat mengkirstal menjadi batu ginjal. Oleh sebab itu, jika Anda mulai merasa ingin buang air kecil, jangan ditahan-tahan. Segeralah ke kamar mandi dan keluarkan zat-zat racun tersebut dari tubuh Anda.
  2. Kurang Minum: Zat-zat sisa metabolisme dan zat-zat sisa pencernaan akan dilarutkan dengan air oleh ginjal. Cairan tersebut kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Tanpa air yang cukup, ginjal tidak akan mampu melarutkan semua zat sisa tersebut. Akhirnya, sebagian zat masih tertinggal di dalam ginjal dan mengendap disana sampai akhirnya mengkristal. Idealnya, minum air putih adalah delapan gelas perhari. Jumlah tersebut akan lebih tinggi jika jenis aktivitas yang dilakukan lebih berat. Selain itu, orang-orang yang kelebihan berat badan disarankan untuk minum lebih banyak dari itu.
  3. Sering Duduk dalam Waktu Lama: Orang-orang yang bekerja kantoran memiliki kebiasaan duduk seharian dari pagi sampai sore pada hampir setiap hari. Kebiasaan ini dapat menjadi penyebab batu ginjal. Keseringan duduk seperti ini dapat menghambat sirkulasi darah dan air seni. Selain itu, jenis pekerjaan seperti ini seringkali membuat seseorang lupa untuk minum dan sering menahan kencing dengan alasan pekerjaan yang tanggung untuk diselesaikan. Untuk mencegah batu ginjal, Anda harus sering-sering minum air putih. Sempatkan diri untuk berdiri dan berjalan-jalan sedikit untuk memperlancar sirkulasi darah dan merangsang kemih. Jangan lupa juga untuk buang air kecil setelahnya. Jangan sampai Anda harus jatuh sakit karena terlalu keras bekerja.
  4. Kalsium Oksalat dan Fosfor: Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan pengkristalan dalam ginjal ataupun kandung kemih. Menurut hasil statistik, pengkristalan batu ginjal yang paling sering terjadi disebabkan oleh kristalisasi kalsium oksalat dan atau fosfor. Kedua zat tersebut merupakan garam mineral yang banyak terdapat pada makanan-makanan olahan dan makanan cepat saji seperti sosis dan nugget.
  5. Asam Urat: Pengkristalan yang sering terjadi nomor dua adalah pengkristalan asam urat. Ini umumnya terjadi pada orang-orang yang terserang penyakit asam urat. Penyakit ini bisa menyerang jika seseorang mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin seperti melinjo dan berbagai macam jeroan. Untuk mencegah batu ginjal, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang mengandung purin. Jika asam urat sudah terlanjur menyerang, segera lakukan pengobatan. Jangan lupa, sering-sering minum air putih karena air dapat melarutkan purin dan membuangnya bersama urine.
  6. Genetik: Terjadinya batu ginjal juga dapat terjadi karena faktor keturunan. Seseorang yang orang tuanya memiliki masalah batu ginjal, memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit yang sama. Bahkan, ada beberapa anak yang sudah memiliki gangguan fungsi ginjal sejak lahir.

Jika ingin mencegah batu ginjal, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur pola makan, sering minum air putih, dan jangan membiasakan diri untuk menahan kencing. Selain itu, Anda juga perlu rajin berolahraga. Berolahraga dengan teratur dapat memperlancar sirkulasi darah dan metabolisme sehingga dapat membantu Anda menghindari berbagai penyebab batu ginjal.

 


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Penyebab Batu Ginjal dan Cara Pencegahannya

Grosir Online Murah