Home » Kesehatan » Makanan Sehat » Cara Mengolah Sayur yang Baik dan Benar
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Cara Mengolah Sayur yang Baik dan Benar

Thursday, November 8th 2012. | Makanan Sehat

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Cara mengolah sayur yang baik dan benar. Bahan untuk membuat masakan yang harganya murah dan mengandung banyak vitamin adalah sayur. Agar vitamin yang terkandung dalam  sayuran tidak hilang ketika dimasak, ada beberapa teknik yang bisa diterapkan dengan mudah dan gampang. Yang pertama adalah ketika dicuci dan dibersihkan sebaiknya sayur tersebut tidak dipotong-potong dulu tapi dalam kondisi yang masih utuh. Jadi kandungan vitaminya tidak akan keluar melalui hasil potongan yang sudah terbuka pori-porinya.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Cara mengolah sayur

Air yang digunakan untuk mencuci selain harus bersih juga dimasukan dalam ember atau wadah lain saja. Jangan menggunakan air yang mengalir apalagi yang arusnya deras karena cara ini juga bisa menjadikan vitamin mudah terbawa aliran air yang kencang. Baru setelah itu sayuran bisa di potong-potong lalu dimasak.

Cara mengolah sayur jika direbus, sebelum sayuran dimasukan ke dalam panci tunggulah hingga air mendidih. Karena jika dimasukan ke dalam air sebelum mendidih, sayur tersebut akan terlalu lama di dalam air dan vitaminnya bisa ikut menguap. Selain itu sayur menjadi terlalu lunak dan rasanya kurang lezat. Dan ketika sedang direbus, panci harus ditutup rapat. Tujuannya sama, yaitu untuk menghindari agar tidak terjadi penguapan vitamin.

Keuntungan lain jika panci selalu ditutup adalah ketika sudah matang warna sayur tetap segar dan tidak mengalami perubahan warna sama sekali. Jika disajikan tentu tampilannya jauh lebih menarik dan bisa mengundang selera yang lebih tinggi.

Meski bisa direbus, namun cara mengolah sayur dengan cara ditumis adalah pilihan yang paling baik. Karena jika dibandingkan dengan merebus, resiko hilangnya kandungan vitamin bisa diperkecil secara lebih maksimal. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, gunakan minyak secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Ketika sudah matang, kelebihan minya tersebut tentu harus dipisahkan. Padahal dalam minyak tersebut banyak kandungan vitamin yang ikut larut di dalamnya.

Sistem yang paling merugikan ketika mengolah sayur adalah dengan cara dibuat acar apalagi dengan menggunakan pengawet. Vitamin yang ada di dalam sayuran acar lebih mudah hilang karena ikut larut dalam bahan pengawet tersebut. Apalagi jika acar ini tidak dimasak sendiri tapi dibeli secara langsung di toko-toko. Pada umumnya acar yang dijual ini punya kandungan bahan pengawet yang lebih tinggi.

Kemudian jika keadaan memungkingkan, pilihlah sayur yang dipetik pada waktu sore. Karena kandungan vitaminnya masih penuh setelah terjadi pengolahan yang dilakukan oleh daun pada waktu siang. Apalagi jika cara mengolah sayur ini langsung dimasak dan diolah saat itu juga.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

cara makan sayuran agar vitamin tidak hilang, cara pengolahan sayur yang sehat, materi pengolahan sayur yang sehat dan benar, mengolah sayuran yang benar, pdf pengolahan sayur yang sehat dan benar

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Cara Mengolah Sayur yang Baik dan Benar

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya