Home » Kesehatan » Makanan Sehat » 5 Efek Samping Susu Kedelai
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

5 Efek Samping Susu Kedelai

Friday, August 10th 2012. | Makanan Sehat

CafeBerita.com – Anda perlu waspada dengan efek samping susu kedelai yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Susu kedelai sendiri telah dikonsumsi oleh berbagai lapisan masyarakat selama bertahun-tahun karena kandungan gizinya yang baik untuk menutrisi tubuh. Mereka yang hidup sebagai vegetarian ataupun vegan bisa mengkonsumsi susu kedelai sebagai alternatif pengganti susu hewani. Namun minum susu kedelai secara berlebihan tak baik karena anda bisa kekurangan vitamin ataupun mineral.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

5 Efek Samping Susu Kedelai
Untuk mengetahui efek samping susu kedelai secara lengkap, simak bahasannya berikut ini:

  1. Fungsi Tiroid: Fungsi tidak bisa terganggu bila anda terlalu berlebihan mengkonsumsi kedelai. Tugas kelenjar tiroid dalam menghasilkan hormon tiroid untuk tubuh bisa terhambat. Kondisi kesehatan semacam ini disebabkan oleh goitrogens. Kandungan dalam kedelai tersebut bisa membuat anda mengalami penyakit gondok dan hipotiroidisme karena terhambatnya fungsi tiroid. Selain untuk energi untuk otak, otot, dan jantung tidak stabil.
  2. Kekurangan Vitamin dan Mineral: Dibandingkan dengan susu hewani, kandungan vitamin dan mineral dalam susu kedelai sangat sedikit. Mengkonsumsi susu kedelai secara berlebihan pun tidak akan sanggup untuk mencukupi kebutuhan kalsium, seng dan magnesium. Jika tubuh kekurangan kalsium, maka kekuatan tulang akan berkurang sehingga anda bisa terkena osteoporosis. Di lain pihak bila anda kekurangan seng, maka sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk mendukung sistem reproduksi, otak dan saraf juga akan ikut menurun drastis. Untuk menghindari adanya efek samping susu kedelai ini, anda juga perlu mengkonsumsi susu hewani.
  3. Infertilitas Pria: Para pria perlu hati-hati dengan efek samping susu kedelai yang satu ini. Sesuai yang diberitakan oleh American Diabetes Association, susu kedelai memiliki andil besar dalam menghambat produksi sperma dalam tubuh seorang pria. Kadar isoflavon yang sangat tinggi bertanggung jawab atas efek samping yang ditimbulkan. Isoflavon adalah senyawa yang menyerupai hormon estrogen. Para pria dengan berat badan yang berlebihan semakin beresiko mengalami kemandulan bila ia kerap mengkonsumsi susu kedelai.
  4. Peningkatan Gula dan Insulin: Berbagai jenis susu kedelai beredar di pasaran. Anda bisa menemukan puluhan bahkan ratusan merek susu kedelai yang berbeda. Meskipun harga yang ditawarkan cukup beragam, hampir semua produk tersebut mengandung pemanis buatan yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Gula yang tinggi bisa menaikkan kadar hormon insulin sehingga anda rentan mengalami hipertensi dan penambahan berat badan. Penderita diabetes lebih baik menghindari susu kedelai sebab bisa membuat kadar glukosa darah melonjak.
  5. Risiko Kardiovaskular: Hampir semua jenis susu kedelai memiliki kandungan minyak nabati jenuh ganda yang tidak stabil, memiliki asam lemak rantai panjang dan mudah rusak. Konsumsi minyak nabati ini secara terus menerus bisa memicu kerusakan pada jantung. Beberapa bahan makanan yang mengandung minyak nabati tak jenuh lain yang perlu anda batasi asupannya termasuk minyak jagung, kedelai, minyak safflower, bunga matahari dan minyak biji kapas. Untuk menghindari efek samping susu kedelai tersebut, anda hanya perlu membatasi konsumsinya saja.

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 5 Efek Samping Susu Kedelai

Grosir Online Murah