Home » Kesehatan » Makanan Sehat » Makanan yang Baik untuk Jantung
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Makanan yang Baik untuk Jantung

Monday, July 30th 2012. | Makanan Sehat

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda tentunya perlu sering-sering mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang baik untuk jantung. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena setiap makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh yang besar bagi jantung. Sebagian besar kerusakan jantung berasal dari keseringan mengkonsumsi makanan yang buruk untuk jantung.
Makanan yang Baik untuk Jantung


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik


Berikut adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk jantung yang bisa Anda masukkan ke dalam menu diet jantung sehat Anda:

  1. Gandum Utuh: Gandum memiliki banyak kandungan gluten. Gluten adalah jenis serat yang dapat menetralkan kolesterol secara efektif. Kandungan gluten yang paling baik terdapat pada gandum utuh (whole grain). Gandum utuh ini dapat Anda temukan pada sereal sarapan, oat, atau roti gandum. Sebagai diet sehat, Anda dapat mengganti roti tawar dengan roti gandum dan mengganti nasi dengan oat.
  2. Sayuran Hijau: Semua jenis sayur memiiki kandungan serat yang baik untuk kesehatan. Dari semua jenis sayuran, beberapa sayuran juga memiliki kandungan sulforaphan yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Kandungan sulforaphan ini banyak ditemukan pada sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, seledri, dan masih banyak lagi.
  3. Buah Beri: Hampir semua jenis buah beri mengandung vitamin C, kalsium, serat, dan magnesium. Zat-zat tersebut baik untuk kesehatan jantung. Buah beri yang paling baik untuk jantung adalah blueberry.
  4. Ikan: Ikan mengandung omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi kemungkinan pembekuan darah, dan mencegah resiko peradangan. Masukkan ikan ke dalam menu makan Anda minimal tiga kali seminggu. Ikan yang paling disarankan adalah salmon karena salmon mengandung omega-3 yang paling banyak dari semua jenis ikan. Jika salmon terlalu mahal untuk Anda, Anda bisa menggantinya dengan tuna atau makarel.
  5. Tomat: Tomat adalah buah paling menyehatkan karena kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tomat mengandung vitamin A, vitamin C, serat, berbagai macam mineral, likopen dan juga fitonutrien. Tomat bukan saja makanan yang baik untuk jantung. Buah ini merupakan makanan yang baik untuk seluruh organ tubuh.
  6. Kacang-kacangan: Secara umum, kacang-kacangan memiliki kandungan omega-3, lemak tak jenuh, vitamin B, vitamin E, dan berbagai jenis mineral seperti zat besi, zinc, magnesium, dan kalsium. Beberapa jenis kacang yang paling baik untuk jantung adalah almond, walnut, kenari, kacang merah, dan macademia. Kacang-kacangan ini bisa dimakan sebagai cemilan sehat maupun dicampur dalam masakan seperti sup atau bubur. Namun, perlu Anda ingat untuk tidak menggoreng kacang jika ingin memakannya sebagai cemilan. Ini karena minyak goreng adalah sumber kolesterol yang harus Anda hindari.
  7. Air Putih: Sering mengkonsumsi air putih dapat membawa dampak yang baik bagi jantung. Jantung yang kekurangan air akan menjadi dehidrasi dan tidak mampu bekerja secara optimal. Selain itu, kadar air yang cukup dalam darah akan membantu kelancaran sirkulasi darah sehingga kerja jantung dalam memompa darah tidak terlalu berat.
  8. Minyak Zaitun: Minyak zaitun memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Sebuah pulau yang bernama Kreta di Yunani memiliki kebiasaan mencampurkan minyak zaitun ke dalam masakan mereka. Setelah dilakukan penelitian, pulau ini ternyata memiliki kasus penyakit jantung yang paling minim dibanding pulau-pulau lain di dunia.

Mengatur menu makanan dengan cermat dapat mengurangi resiko kerusakan jantung secara signifikan. Untuk mengoptimalkannya, Anda bisa juga mengatur gaya hidup Anda. Terapkanlah berbagai kebiasaan baik seperti tidur cukup, olahraga rutin, dan rajin mengecek kesehatan. Selain mengkonsumsi makanan yang baik untuk jantung, berbagai kebiasaan tersebut juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung Anda.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

makanan baik untuk jantong

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Makanan yang Baik untuk Jantung

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya