Home » Kesehatan » Makanan Sehat » Makanan yang Baik untuk Ginjal: Pencegahan dan Perawatan Ginjal
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Makanan yang Baik untuk Ginjal: Pencegahan dan Perawatan Ginjal

Saturday, July 28th 2012. | Makanan Sehat

Tips Agar Cepat Hamil

Makanan yang Baik untuk Ginjal: Pencegahan dan Perawatan GinjalCafeBerita.com – Seseorang yang menderita penyakit ginjal, seperti batu ginjal atau gagal ginjal, tentunya wajib mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang baik untuk ginjal. Jika tidak, kondisi penyakitnya akan bertambah parah dan dapat menyebabkan kematian. Namun, mengatur pola makan seperti ini bukan perlu dilakukan oleh para penderitanya saja. Orang yang masih muda dan sehat pun, sebaiknya sudah mulai menjaga pola makannya untuk mencegah penyakit menyerang di kemudian hari.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Selain karena gaya hidup dan pola makan yang salah, resiko penyakit ginjal juga bisa didapat dari faktor keturunan. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang memiliki penyakit ginjal, berarti Anda juga memiliki potensi untuk sakit ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda sering-sering mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang baik untuk ginjal supaya Anda bisa tetap sehat.

Rata-rata, makanan yang baik untuk ginjal adalah buah dan sayur. Ini karena jenis-jenis makanan tersebut tidak mengandung banyak garam-garaman yang dapat berpengaruh buruk bagi ginjal. Jenis makanan tersebut juga mengandung banyak serat yang mudah dicerna. Selain itu, sebagian besar sayur dan buah memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan potasium yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

Makanan yang tinggi protein juga baik untuk ginjal karena dapat mengontrol kadar fosfor dalam tubuh. Makanan yang mengandung banyak protein antara lain ikan, susu, telur, kedelai, dan masih banyak lagi. Jika ingin mendapatkan asupan protein yang paling sempurna, maka protein hewani adalah pilihan yang lebih baik daripada protein nabati. Ini karena ada beberapa jenis protein asam amino yang tidak bisa ditemukan dalam protein nabati. Sebaliknya, protein hewani umumnya memiliki jenis asam amino yang lengkap.

Antioksidan juga baik untuk tubuh. Bagi ginjal, antioksidan dapat membantu proses penetralan zat-zat racun sehingga kerja ginjal tidak terlalu berat. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada ginjal. Dan jika ada gangguan kecil dalam ginjal, antioksidan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan pemulihannya. Kadar antioksidan yang tinggi dapat ditemukan pada cabai, buah delima, teh hitam, teh hijau, dan berbagai macam makanan yang memiliki kandungan vitamin C.

Selain mengkonsumsi berbagai makanan di atas, Anda juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu gangguan fungsi ginjal. Beberapa makanan tersebut antara lain alkohol, makanan berkadar garam tinggi seperti junk food, dan makanan-makanan yang dapat menyebabkan asam urat. Selain itu, Anda juga perlu menghindari rokok karena nikotin yang dikandungnya dapat merusak berbagai macam organ tubuh, termasuk ginjal.

Dengan mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, ginjal kita tidak akan perlu bekerja terlalu keras untuk membuang zat-zat sisannya yang bersifat racun. Selain itu, makanan tersebut juga dapat meningkatkan kualitas ginjal Anda. Itulah mengapa makanan-makanan tersebut disebut sebagai makanan yang baik untuk ginjal.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

makanan yang baik untuk ginjal, jenis makanan yang mudah dicerna, makanan baik untuk ginjal

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Makanan yang Baik untuk Ginjal: Pencegahan dan Perawatan Ginjal

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya