Home » Kesehatan » Makanan Sehat » 5 Makanan Untuk Meningkatkan Hemoglobin dalam Darah
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

5 Makanan Untuk Meningkatkan Hemoglobin dalam Darah

Sunday, June 24th 2012. | Makanan Sehat

CafeBerita.com - Meningkatkan hemoglobin dirasa sangat perlu bagi anda yang menderita penyakit kurang darah. Hemoglobin merupakan salah satu bagian dari sel darah merah yang memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.
5 Makanan Untuk Meningkatkan Hemoglobin


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Hemoglobin sendiri adalah sejenis protein yang mengadung zat besi dan banyak terdapat pada sel darah merah. Jika anda mengabaikan turunnya kadar hemoglobin pada tubuh, akibatnya tentu akan sangat berbahaya, seperti terjadinya infeksi, anemia dan  pendarahan.

Berikut ini adalah makanan yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan hemoglobin pada darah:

  1. Daging merah: Apakah anda penggemar daging merah? Akan lebih baik jika iya. Mengapa? Daging merah merupakan bahan makanan yang kaya akan zat besi yang bisa membantu anda untuk memperbanyak produksi hemoglobin pada darah. Daging merah sendiri berdasarkan penelitian mengandung zat besi heme dan sangat mudah diserap oleh tubuh. Ingat! Konsumsi daging merah tak boleh berlebihan karena anda bisa mengalami penyakit jantung dan kegemukan. Makanlah dengan komposisi yang seimbang.
  2. Kacang: Tak perlu takut jerawat saat anda memakan kacang sebab hal itu hanya mitos belaka. Untuk mendapatkan kandungan zat besi yang cukup untuk tubuh, anda bisa memilih kacang almond sebagai sajian utama. Kacang ini diyakini memiliki kandungan Fe yang sangat tinggi dibandingkan kacang-kacang yang lain. Jika anda mengkonsumsi 1 ons kacang almond setiap harinya secara rutin, anda dapat mencukupi 6 persen kebutuhan zat besi untuk tubuh.
  3. Buah-buahan: Buah-buahan selalu harus ada dalam setiap menu makanan yang dihidangkan sehari-hari di meja makan. Ada beberapa buah yang bisa anda sajikan secara khusus untuk meningkatkan hemoglobin contohnya buah ara kering, kismis, anggur, apel, aprikot, plum, dan semangka. Jika anda bosan dengan sajian buah-buahan, pilih aneka olahan produk makanan yang dibuat dari jeruk.
  4. Sayuran: Bahan makanan selanjutnya yang bisa meningkatkan hemoglobin adalah sayuran. Selain harganya relatif murah, anda juga bisa merawat kesehatan kulit dan tubuh. banyak sayuran yang bisa anda konsumsi secara teratur misalnya kacang polong, bayam, kembang kol, kentang dan lobak. Semua bahan makanan tersebut bisa memicu perkembangan jumlah sel darah sehingga pasokan darah segar ke bagian-bagian tubuh bisa berjalan dengan normal.
  5. Gandum: Pasta, roti dan sereal merupakan makanan yang banyak mengandung gandum. Gandum adalah salah satu bahan makanan yang baik untuk menjaga berat badan.  Tidak hanya itu, gandum juga bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah.

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 5 Makanan Untuk Meningkatkan Hemoglobin dalam Darah

Grosir Online Murah