Home » Kesehatan » Kesehatan Tubuh » 5 Penyebab Mual di Pagi Hari
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

5 Penyebab Mual di Pagi Hari

Tuesday, December 25th 2012. | Kesehatan Tubuh

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Apakah anda sering merasakan mual di pagi hari? Jika iya, jangan sepelekan masalah kesehatan yang satu ini. Bisa jadi mual tersebut merupakan gejala bahwa anda sedang terkena penyakit serius. Bila mendengar kata mual setiap orang pasti menghubungkannya dengan masalah kehamilan. Mitos semacam ini perlu diluruskan karena mual tidak identik dengan hamil saja.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

5 Penyebab Mual di Pagi Hari

Berikut ini adalah lima penyakit yang mengakibatkan anda mengalami mual di pagi hari.

  1. Kemoterapi: Mereka yang saat ini tengah menjalani kemoterapi seringkali merasakan mual saat bangun tidur. Mual yang dirasakan oleh si penderita kanker ini disebabkan oleh dehidrasi. Untuk mencegah rasa mual tersebut datang kembali keesokan harinya anda perlu pintar-pintar mengatur pola makan. Perbanyak konsumsi air putih. Paling tidak asupannya 2 liter setiap harinya. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan kering saat pagi hari, misalnya biskuit dan roti. Bila anda merasa mual saat bangun tidur, minum saja teh yang mengandung peppermint, jahe ataupun chamomile.
  2. Sakit Kepala: Jangan heran ternyata sakit kepala juga bisa memicu munculnya mual di pagi hari. Namun tidak semua jenis sakit kepala bisa menimbulkan efek mual. Sakit kepala yang akan membuat anda mual biasanya yang disertai dengan penyakit sinus. Tidak hanya itu kebiasaan seseorang yang terlalu sering mengkonsumis obat sakit kepala juga bisa menimbulkan sakit kepala rebound yang juga memicu rasa mual.
  3. Sistem Gastrointestinal: Gangguan pada sistem gastrointestinal bisa menimbulkan rasa mual. ‘Gastrointestinal’ adalah bagian dari sistem pencernaan yang bertugas untuk mengolah makanan di dalam tubuh. Kerja sistem ini sangat ditentukan oleh lambung dan usus. Saat terjadinya gangguan pada sistem gastrointestinal baik itu karena gastroparesis, irritable bowel syndrome ataupun cyclic vomiting syndrome, perut akan merasa sangat tersiksa sehingga anda sering mual saat bangun tidur.
  4. Hormon: Hormon juga sangat berpangaruh terhadap rasa mual yang anda derita saat pagi hari. Saat hormon yang diproduksi di dalam tubuh sedang tidak stabil, maka anda akan merasa perut tak nyaman. Kondisi ini sering dihadapi oleh wanita terlebih lagi saat hormon progesteron pada siklus menstruasi sedang tidak stabil. Wanita yang mengalami menopause pun tak luput dari rasa mual ini sebab ‘homon progesterone’ yang turun sangat signifikan bisa memunculkan rasa mual.
  5. Gagal Ginjal: Gagal ginjal juga bisa menjadi penyebab mual di pagi hari. Gagal ginjal sendiri bisa diakibtakan oleh penyakit lain dalam tubuh seperti kanker, diabetes, hipertesi, penyumbatan saluran kemih, dan kerusakan pada ginjal. Saat ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik untuk menyaring zat yang tak terpakai dan racun, maka anda akan merasa sangat letih, lemas dan ingin muntah saat pagi tiba.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

penyebab mual di pagi hari, bangun tidur mual, mual saat bangun tidur, bangun tidur perut mual, mual setelah bangun tidur, penyebab bangun tidur mual, mual setiap bangun tidur, penyebab mual saat bangun tidur, perut mual setiap pagi, akibat mual tiap pagi

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 5 Penyebab Mual di Pagi Hari

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya