Home » Kesehatan » Kesehatan Tubuh » 7 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

7 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Wednesday, December 5th 2012. | Kesehatan Tubuh

CafeBerita.com – Menjaga kesehatan pencernaan itu harus bila anda ingin menghindari gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, mag, dan iritasi pada usus. Penyebab munculnya masalah kesehatan tersebut bisa beragam mulai dari kurangnya asupan serat, jarang mengkonsumsi air putih hingga seringnya mengkonsumsi makanan pedas. Gangguan pencernaan yang tak segera ditangani dengan baik bisa menyebabkan kanker usus dan perut.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

7 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda pakai untuk merawat kesehatan sistem pencernaan:

  1. Menngelola stress: Stress yang berkepanjangan dan tidak ditangani dengan baik bisa memperparah gangguan pencernaan baik itu mag maupun sembelit. Anda bisa mengelola stress dengan cara melakukan latihan pernafasan, pergi berlibur hingga latihan yoga secara teratur. Bila stress teratasi dengan baik, paling tidak anda bisa meringankan “gejala gangguan pencernaan” yang dialami.
  2. Membatasi asupan tepung terigu, gula dan garam: Ada tiga bahan alami yang perlu anda batasi asupannya ke dalam tubuh bila ingin menjaga kesehatan pencernaan. Ketiganya adalah gula, tepung terigu dan garam. Bahan-bahan tersebut seringkali merupakan sumber utama mengapa anda mengalami sakit pada sistem pencernaan.
  3. Hindari makanan yang menyebabkan perut menjadi mulas: Rasa mulas yang sering dialami bisa disebabkan oleh asupan makanan yang tidak tepat. Anda perlu menghindari makanan yang mampu meningkatkan kadar asam dalam lambung seperti kopi, cokelat, gorengan, tomat, makanan berlemak dan tembakau. Kebiasaan tidur pun perlu diperhatikan dengan seksama. Tidurlah dengan posisi meninggikan kepala dan memiringkan tubuh ke sebelah kiri.
  4. Melahap makanan probiotik: Menjaga kesehatan pencernaan bisa dilakukan dengan mengudap makanan yang mengandung probiotik. Makanan jenis ini bisa anda dapati pada yogurt, dadih susu, dan idli. Makanan probiotik ini bisa memberikan dampak positif bagi mereka yang terkena sindrom iritasi usus, diare hingga penyakit radang susu.
  5. Batasi asupanĀ  daging: Konsumsi daging yang seimbang baik untuk tubuh sebab protein hewani dalam daging cukup besar. Hindari mengkonsumsi daging merah terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya. Daging adalah bahan makanah yang susah untuk dicerna dengan cepat sehingga cenderung menumpuk di perut.
  6. Berjalan sebentar setelah makan: Kebiasaan buruk yang anda lakukan setelah makan seperti berbaring dan tidur-tiduran perlu dihindari. Saat anda telah selesai mengudap makanan favorit, berjalan-jalanlah di sekitar rumah selama 10 menit saja supaya makanan yang masuk ke dalam lambung bisa diproses dengan baik. Berjalan selama 10 menit ini sangat efektif untuk mencegah timbulnya perut begah, perut kembung, mulas hingga makanan susah dicerna.
  7. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh: Sistem pencernaan bisa berlangsung sangat lambat bila anda tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Pastikan anda bisa meminum air 8 gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bila perlu asup sayuran dan buah yang mengandung banyak air. Kebutuhan cairan yang tercukupi dengan baik bisa menghindarkan anda dari sembelit.

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 7 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan

Grosir Online Murah