Home » Kesehatan » Kesehatan Tubuh » 7 Tips Puasa Bagi Penderita Maag
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

7 Tips Puasa Bagi Penderita Maag

Thursday, August 2nd 2012. | Kesehatan Tubuh

Grosir Balmut Sprei Murah

CafeBerita.com - Puasa bagi penderita maag mungkin sebuah momok yang menakutkan. Sebenarnya anda tak perlu takut berpuasa sebab banyak penelitian menunjukkan bahwa puasa malah bisa mengobati penyakit maag itu sendiri. Gejala yang sering dirasakan oleh penderita maag mencakup muntah, mual, nyeri ulu hati, cepat kenyang, kembung, mulut terasa pahit dan sendawa.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

7 Tips Puasa Bagi Penderita Maag
Supaya puasa anda kali ini bisa berjalan lancar, tak ada salahnya untuk mengikuti tips puasa bagi penderita maag sebagai berikut:

  1. Saat sahur, anda bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi secukupnya. Jangan makan terlalu berlebihan. Pastikan saja tubuh mendapatkan cukup karbohidrat ditambah lauk pauk sebagai sumber protein dan lemak.
  2. Bila sudah waktunya berbuka, jangan langsung mengkonsumsi makanan yang berat seperti nasi atau roti. Anda bisa mengawalinya dengan meminum secangkir teh manis ditemani buah kurma.
  3. Air putih sangat pentingĀ  untuk dikonsumsi saat puasa bagi penderita maag. Larutan ini dapat melancarkan sistem pencernaan makanan.
  4. Supaya perut dalam keadaan yang nyaman dan tenang, anda juga perlu menjaga kondisi psikologis. Kelola stress dengan baik agar maag anda tidak semakin parah.
  5. Untuk membantu sistem pencernaan memecah makanan yang berminyak dan berlemak, anda bisa menghidangkan wortel dan pepaya matang dalam menu buka. Enzim pada kedua bahan makanan tersebut baik untuk mendukung fungsi saluran pencernaan.
  6. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari supaya puasa bagi penderita maag bisa berjalan dengan lancar. Jangan merokok, mengkonsumsi alkohol, kopi, cuka, cabe, merica, susu dan sari buah citrus bila tak ingin dinding lambung semakin iritasi. MakananĀ  seperti coklat, kue tart, dan gorengan perlu dibatasi asupannya sebab tubuh akan kesulitan dalam mencerna makanan tersebut. Beberapa bahan makanan yang mengandung serat dan gas seperti nangka, kol, sawi, pisang ambon, soft drink, dan durian perlu di jauhi sementara waktu.
  7. Makanan yang terlalu lengket tidak baik untuk sistem pencernaan anda. Ada baiknya bila anda tidak mengkonsumsi singkong, dodol, beras ketan, talas dan maizena saat puasa.

Semoga tips puasa bagi penderita maag di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 7 Tips Puasa Bagi Penderita Maag