Home » Kesehatan » Kesehatan Tubuh » Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Dihindari
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Dihindari

Thursday, June 7th 2012. | Kesehatan Tubuh

Tips Agar Cepat Hamil

Penyebab sering buang air kecilCafeBerita.com – Ada berbagai hal yang dapat menjadi penyebab sering buang air kecil. Sayangnya, hanya sedikit orang saja yang sudah mengetahuinya. Dan lebih sedikit lagi orang yang bisa menghindarinya. Kebanyakan orang merasa, sering buang air kecil adalah hal alami yang dialami oleh beberapa orang dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk itu.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Jika Anda termasuk orang yang sering “kebelet pipis”, cobalah perhatikan poin-poin di bawah ini. Siapa tahu, ada beberapa hal yang ternyata merupakan penyebab sering buang air kecil yang Anda alami;

  1. Sering Minum: Penjelasan yang paling gampang dari sering buang air kecil adalah sering minum. Sering minum berarti banyak air yang masuk. Banyak air masuk berarti banyak pula air yag akan dikeluarkan nantinya. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi air minum Anda, jangan sampai terlalu banyak. Namun, jika sering minum bukanlah penyebab sering buang air kecil Anda, maka Anda tidak perlu mengurangi minum. Karena, kurang minum justru akan menyebabkan iritasi pada tubuh Anda, terutama usus. Hal ini dikarenakan sudah banyak cairan tubuh Anda yang hilang karena sering buang air kecil. Dan kurang minum akan menyebabkan tubuh Anda miskin cairan sehingga terjadi dehidrasi.
  2. Banyak Gula: Terlalu banyak gula yang dikonsumsi akan menyebabkan gula tersebut menumpuk dalam darah yang membentuk gula darah. Gula darah yang tidak dapat dinetralkan oleh insulin akan diencerkan oleh cairan tubuh dan kemudian dikeluarkan dengan urin. Itulah mengapa banyak mengkonsumsi gula dapat menyebabkan seseorang sering buang air kecil.
  3. Kafein: Jika Anda merupakan penggemar kopi, Anda mungkin akan merasa bahwa Anda cenderung lebih sering buang air kecil setelah mengkonsumsi kopi, terutama yang kadar kafeinnnya tinggi. Hal ini karena kafein dapat menstimulasi ginjal Anda untuk memproduksi lebih banyak urin.
  4. Alkohol: Alkohol membuat Anda sering buang air kecil dengan mengacaukan sistem otak Anda dan membuatnya merasa harus mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Karena itulah, alkohol dapat membuat Anda sering buang air kecil sampai dehidrasi.
  5. Asam, Soda, dan Pedas: Beberapa penyebab sering buang air kecil yang lain adalah makanan dan minuman yang mengandung asam, soda, dan makanan pedas. Hal ini karena tiga jenis makanan dan minuman tersebut dapat menyebabkan iritasi pada organ-organ tubuh tertentu, termasuk organ-organ pada sistem pembuangan Anda. Iritasi tersebut membuat organ-organ Anda menjadi lebih sensitif. Sehingga, Anda merasa lebih sering “kebelet pipis”.
  6. Menstruasi: Beberapa perempuan cenderung lebih sering kencing ketika orang tersebut mengalami menstruasi, terutama pada hari-hari awal. Ini merupakan hal yang wajar mengingat kelembaban dalam tubuh wanita yang memang cenderung meningkat pada saat akan menstruasi.
  7. Hamil: Orang yang hamil akan cenderung lebih sering buang air kecil. Hal ini karena adanya janin dalam rahim yang menekan kandung kemih sehingga air seni yang ada di dalamnya akan terasa mau keluar.
  8. Obat-Obatan: Beberapa jenis obat memiliki efek samping menyebabkan sering buang air kecil, misalnya obat penurun tekanan darah.
  9. Penyakit: Jika hal-hal tersebut di atas bukanlah merupakan penyebab mengapa Anda sering buang air kecil, maka periksakanlah diri Anda ke dokter. Karena, ada kemungkinan Anda mengidap penyakit tertentu. Beberapa jenis penyakit memang memiliki gejala sering buang air kecil sebagai salah satu gejalanya. Contoh penyakit-penyakit tersebut antara lain diabetes, pembesaran prostat, sistitis interstisial, stroke, dan berbagai macam penyakit syaraf.

Hanya mengetahui penyebabnya saja tidaklah cukup. Anda selanjutnya perlu untuk menghindari penyebab tersebut sehingga Anda tidak lagi merasa ingin buang air kecil terlalu sering, terutama pada malam hari. Memang, hanya sering buang air kecil saja bukanlah masalah besar, hanya sedikit merepotkan saja. Namun, jika Anda sampai terbangun di tengah malam hanya untuk kencing, maka tidur Anda akan terganggu sehingga kualitasnya menurun. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi Anda untuk menghindari hal-hal yang merupakan penyebab sering buang air kecil.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

apakah soda membuat kebelet buang air?, kenapa sering kebelet pipis, penyebab Kencing terlalu sering karena Sistitis interstisial, sering kebelet kencing, sering kebelet kencing gejala sakit apa?, setelah minum kopi kencing banyak, setelah minum kopi sering buang air kecil

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Dihindari

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya