Home » Kesehatan » Kesehatan Tubuh » Cara Menyikat Gigi yang Benar
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Monday, May 21st 2012. | Kesehatan Tubuh

CafeBerita.com – Jika Anda ingin mendapatkan gigi dan mulut yang sehat, maka penting bagi Anda untuk mengetahui cara menyikat gigi yang benar. Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak menyikat gigi mereka dengan baik dan benar. Bagi mereka, yang penting adalah rajin menggosok gigi dengan pasta gigi. Padahal, cara menyikat gigi yang salah tidak akan membawa dampak yang baik pada gigi dan mulut.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Salah menyikat gigi dapat menyebabkan berbagai masalah seperti gusi berdarah, timbulnya karang gigi, gigi berlubang, bau mulut, dan sebagainya. Jika Anda merasa mengalami salah satu dari berbagai masalah gigi tersebut, segeralah pergi ke dokter gigi untuk berkonsultasi. Di sana, dokter gigi akan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah Anda, sekaligus mengajarkan kepada Anda tentang cara menyikat gigi yang benar.

Menurut Ikatan Dokter Gigi Indonesia (IDGI), menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan sebelum tidur malam. Pilihlah pasta gigi yang mengandung flouride karena flouride dapat membuat gigi lebih kuat. Atau jika Anda memiliki gigi sensitif, pilih jenis pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Untuk sikat giginya, pilihlah sikat yang berbulu lembut sehingga tidak akan menggores gusi Anda dan menyebabkan pendarahan gusi. Gantilah sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau jika bulu sikat sudah mulai mekar.

Cara menyikat gigi yang benar

Menyikat gigi yang benar tidak tergantung pada berapa lama Anda menyikat. Asal dilakukan dengan benar, menyikat gigi selama 3 menit saja sudah cukup. Sebaliknya, jika caranya salah, menyikat gigi selama 10 menit pun akan sia-sia. Lalu, bagaimanakah cara menyikat gigi yang benar? Perhatikanlah petunjuk di bawah ini:

  • Pertama, arahkan sikat gigi Anda pada posisi 45⁰ hingga posisi bulu sikat berada di antara gigi dan gusi. Lapisan antar gigi dan gusi inilah dimana sisa makanan dan kuman biasa bersarang. Jika tidak dibersihkan, kuman-kuman dan sisa makanan ini akan membentuk karang gigi. Padahal, karang gigi yang menumpuk dapat menyebabkan gigi berlubang.
  • Mulailah dengan menyikat permukaan luar gigi dan gusi Anda. Gosok bagian ini dengan gerakan memutar, naik-turun, maju-mundur dimulai dari bagian depan gigi seri Anda, baik yang atas maupun yang bawah.
  • Hindari menyikat gigi terlalu keras karena dapat menyebabkan gusi berdarah. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan gosokan yang lembut namun dapat mencapai sudut-sudut pada gigi dan gusi.
  • Perlahan-lahan, lanjutkan menyikat gigi ke gigi taring, geraham depan, dan kemudian geraham belakang. Lakukan juga pada sisi yang satunya.
  • Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada permukaan dalam gigi dan gusi Anda. Atur posisi sikat gigi Anda hingga membentuk sudut yang optimal. Pastikan Anda telah menyikat semua gigi, gusi, dan garis batas antara gigi dan gusi.
  • Jika kedua permukaan gigi dan gusi sudah dibersihkan, area yang perlu dibersihkan selanjutnya adalah ujung gigi. Yang dimaksud dengan ujung gigi adalah permukaan gigi yang digunakan untuk menggigit dan mengunyah. Gosok bagian ini dengan gerakan maju-mundur dengan lembut.
  • Terakhir, gosoklah lidah Anda dari belakang ke depan. Tahap ini seringkali dilewati oleh orang-orang. Padahal, lidah adalah tempat bersarangnya bakteri penyebab bau mulut. Dengan menggosok lidah Anda, nafas Anda akan menjadi segar.
  • Jika semua bagian sudah digosok, bersihkan semua busa pasta gigi di mulut Anda dengan cara berkumur. Pastikan seluruh bagian mulut sudah terbilas dengan air kumur. Berkumur bisa dilakukan dengan menggunakan air biasa, yang penting bersih. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda berkumur menggunakan cairan khusus berkumur yang mengandung antiseptik sehingga sisa kuman yang tertinggal bisa ikut dibersihkan.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga perlu dilakukan dengan memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin. Idealnya, pemeriksaan semacam ini dilakukan setiap enam bulan sekali. Dengan memeriksakan diri secara rutin, Anda akan tahu seberapa sehatkah gigi Anda. Jika ternyata ada masalah dengan gigi Anda, maka dokter gigi akan dapat memperbaikinya segera sebelum bertambah parah.

Terakhir, jangan lupa juga untuk mengajarkan seluruh anggota keluarga Anda cara menyikat gigi yang benar dan membiasakannya sehingga seluruh keluarga Anda memiliki gigi yang kuat, nafas yang segar, dan mulut yang sehat.(Citra)


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Cara Menyikat Gigi yang Benar

Grosir Online Murah