Home » Kesehatan » Herbal-Vitamin-Obat » 7 Dampak Negatif Melatonin
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

7 Dampak Negatif Melatonin

Monday, August 20th 2012. | Herbal-Vitamin-Obat

CafeBerita.com - Melatonin adalah hormon yang sangat penting dalam mengatur siklus tidur manusia. Hormon ini biasanya mencapai produksi tertinggi saat malam hari dimana banyak orang perlu tidur. Tubuh akan rileks dan nyaman dengan kadar melatonin yang seimbang. Mereka yang seringkali mengalami insomnia atau gangguan susah tidur bisa menggunakan suplemen yang mengandung melatonin. Suplemen ini dijual secara bebas di apotek ataupun di toko obat. Penggunaan jangka panjang tentunya tidak dianjurkan karena ada efek samping yang siap mengintai.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Dampak Negatif Melatonin
Berikut ini adalah tujuh efek samping suplemen yang mengandung melatonin yang perlu anda waspadai:

  1. Perubahan Hormonal: Penggunaan suplemen jangka panjang bisa mempengaruhi produksi hormon progesteron. Wanita yang sedang dalam progam untuk hamil, menyusui ataupun wanita yang tengah hamil dilarang keras menggunakan suplemen ini. Efek kontrasepsi pada suplemen bisa menyebabkan anda kesulitan memiliki anak. Pada ibu hamil, suplemen bisa mengakibatkan gangguan pada janin. Di lain pihak, para pria bisa merasakan efek samping seperti penurunan motilitas sperma, pembesaran payudara dan penurunan kadar sperma yang dihasilkan.
  2. Perubahan Kebiasaan Tidur: Walaupun anda bisa segera tidur dengan mengambil melatonin, ada perubahan kebiasaan tidur yang mungkin dialami diantaranya adalah tidur sambil berjalan dan seringnya mengalami mimpi buruk. Selain itu siklus tidur yang semula teratur bisa menjadi terganggu akibat konsumsi suplemen yang berlebihan.
  3. Efek Samping Umum: Ada beberapa efek samping umum yang akan dirasakan saat anda menggunakan melatonin. Sakit kepala, kram perut, mual, muntah, dan pusing adalah beberapa diantaranya.
  4. Perubahan Suasana Hati: Perubahan suasana hati yang tak menentu bisa menjadi efek samping melatonin yang perlu anda pikirkan sebelum mengasupnya setiap hari. Suplemen ini bisa memperparah perasaan sedih, stres, cemas dan depresi. Pada beberapa kasus, pemakai suplemen ini mengalami paranoid, halusinasi dan delusi. Pastikan anda telah berkonsultasi dengan dokter jika menderita gangguan psikotik dan depresi.
  5. Interaksi Obat: Mengkonsumsi  suplemen bersamaan dengan obat lainnya bisa memicu efek samping. Suplemen ini memiliki potensi untuk berinteraksi dengan obat steroid, ibuprofein, obat anti depresan, obat anti psikotik dan berbagai zat yang mencakup tembakau, alkohol dan kafein.
  6. Mengantuk: Walaupun anda mengambil melatonin saat malam hari, efek mengantuk yang dirasakan bisa terbawa saat siang hari.  Pastikan anda mengambil suplemen dengan dosis yang rendah agar tidak mengantuk terus menerus. Hindari penggunaan suplemen saat anda harus mengoperasikan kendaraan bermotor ataupun mesin berat.
  7. Tekanan Darah dan Kolesterol: Suplemen yang dikonsumsi terus menerus bisa membuat anda terkena penyakit kronis. Melatonin ini mampu menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan glukosa darah yang berbahaya bagi pasien dengan diabetes tipe 1.

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 7 Dampak Negatif Melatonin

Grosir Online Murah