Home » Kesehatan » Herbal-Vitamin-Obat » 5 Efek Samping Minyak Cengkeh
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

5 Efek Samping Minyak Cengkeh

Saturday, August 18th 2012. | Herbal-Vitamin-Obat

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com - Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi ada efek samping yang perlu anda ketahui. Cengkeh sendiri adalah tanaman yang banyak sekali ditemukan di Brazil, Afrika dan Asia. Cengkeh sering digunakan sebagai penambah rasa dan pewangi pada masakan. Manfaat minyak cengkeh sendiri sebagai zat anti inflamasi, larutan anti bakteri, pereda sakit gigi, anestetik lokal, dan analgesik.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

5 Efek Samping Minyak Cengkeh
Penggunaan minyak cengkeh yang tidak tepat bisa menimbulkan efek samping seperti pada bahasan di bawah ini:

  1. Infeksi : Menggunakan minyak cengkeh dengan berbagai bahan lain seperti suplemen, tanaman herbal dan obat bisa mengakibatkan infeksi yang tidak diinginkan. Penderita diabetes perlu hati-hati dalam menggunakan minyak ini secara oral karena bisa menurunkan kadar gula darah.
  2. Perdarahan: Bila anda adalah pasien yang sedang mengalami pendarahan hebat dan sedang dalam proses pemulihan, hindari penggunaan minyak cengkeh. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minyak cengkeh bisa memperparah terjadinya pendarahan pada tubuh. Oleh sebab itu, pasein yang akan menjalani operasi tidak diperkenankan untuk menggunakan eugenol dan minyak cengkeh karena resiko terjadinya pendarahan semakin besar.
  3. Alergi: Sensitifitas kulit setiap orang berbeda-beda. Bila anda memiliki kulit yang sangat peka, hati-hatilah dengan penggunaan minyak cengkeh. Beberapa orang yang mengalami alergi akibat pengolesan minyak ini pada kulit. Alergi yang timbul mencakup ruam, sesak napas, kulit kemerahan dan gatal-gatal. Alergi juga terjadi saat anda mengoleskan minyak pada gigi ataupun gusi yang sakit.
  4. Risiko untuk anak-anak: Menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati anak-anak dan bayi bukan hal yang baik untuk dilakukan. Efek sampingnya sangat serius. Dosis yang sangat kecil sekali pun bisa membahayakan kesehatan si kecil. Selain itu hindari penggunaan minyak cengkeh bagi ibu hamil dan wanita yang sedang menyusui.
  5. Bahaya minyak cengkeh murni: Minyak cengkeh murni cukup berbahaya jika anda mengambilnya dalam dosis besar. Mereka yang memiliki gangguan pada hati dan ginjal perlu menjauhi minyak cengkeh murni. Efek samping yang ditimbulkan mencakup kesulitan bernapas, muntah, adanya cairan di paru-paru, sakit tenggorokan, perdarahan, dan kejang. Pada kasus ekstrim, minyak cengkeh bisa memicu kerusakan pada hati dan ginjal.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

minyak cengkeh, efek samping konsumsi cengkeh, minyak cengkeh untuk ibu hamil, efeksamping konsumsi minyak cengkeh, bahaya makan cengkeh, bahaya minyak cengkeh, efek samping cengkeh, dampak makan cengkeh, eugenol untuk ibu hamil, cengkeh kehamilan

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 5 Efek Samping Minyak Cengkeh

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya