Home » Kesehatan » Herbal-Vitamin-Obat » 7 Jenis Antibiotik Yang Anda Patut Ketahui
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

7 Jenis Antibiotik Yang Anda Patut Ketahui

Wednesday, August 15th 2012. | Herbal-Vitamin-Obat

CafeBerita.com – Ada tujuh jenis antibiotik yang perlu anda ketahui manfaat dan efek sampingnya bagi tubuh. Antibiotik adalah salah satu obat yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Antibiotik tidak digunakan untuk melawan infeksi virus sehingga penyakit flu, gondok, sakit tenggorokan, pilek dan bronkitis tidak bisa diobati dengan menggunakan antibiotik.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

7 Jenis Antibiotik Yang Anda Patut Ketahui

  1. Tetrasiklin: Tetrasiklin biasa digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi diantaranya adalah infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga tengah dan saluran kemih. Mereka yang memiliki masalah kesehatan dengan organ hati perlu hati-hati dalam menggunakan jenis antibiotik ini sebab dapat memperparah hati anda.
  2. Aminoglikosida: Aminoglikosida berfungsi untuk menghambat pembentukan protein bakteri sehingga antibiotik ini dapat mengobati beragam penyakit seperti pneumonia dan tifus. Aminoglikosida ini juga seringkali digunakan dengan sefalosporin dan penisilin.  Efek samping yang mungkin dialami adalah melemahnya fungsi hati dan ginjal.
  3. Penisilin: Antibiotik yang satu ini cukup familiar di telinga kita. Penisilin terdiri dari nafsilin, penisilin G, ampisilin, amoksisilin, kloksasilin, tikarsilin, dll. Penisilin biasanya dimanfaatkan untuk mengobati infeksi yang berkaitan dengan saluran pernafasan, kulit, mata, gigi dan telinga. Mereka yang alergi dengan jenis antibiotik ini bisa mengalami demam dan ruam.
  4. Sefalosporin: Sefalosporin memiliki cara kerja yang hampir sama dengan penisilin. Akan tetapi antibiotik ini mampu mengobati beberapa infeksi yang tidak mampu ditangani oleh penisilin, misalnya gonorrhea dan meningitis. Jika anda terlalu sensitif dengan penisilin, sefalosporin bisa menjadi alternatif pengobatan. Efek samping yang ditimbulkan meliputi demam, kejang perut, ruam dan diare.
  5. Makrolida: Makrolida adalah antibiotik yang memiliki kemampuan untuk menangani dengan cepat infeksi pada saluran lambung dan pernafasan. Ada beberapa ketidaknyamanan yang mungkin anda rasakan jika tubuh terlalu sensitif dengan antibiotik ini diantaranya adalah diare, sakit pada pencernaan dan mual. Wanita yang tengah hamil dilarang keras mengkonsumsi makrolida.
  6. Fluoroquinolones: Fluoroquinolones dianggap satu-satunya jenis antibiotik yang diberikan secara oral dan berfungsi untuk menghentikan perkembangbiakkan bakteri. Antibiotik ini berguna untuk menyembuhkan infeksi saluran pernafasan dan saluran kemih. Efek samping yang ditimbulkan berhubungan dengan pertumbuhan tulang, mual, diare dan muntah. Oleh sebab itu anak-anak dan wanita hamil tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi antibiotik ini.
  7. Sulfonamida: Sulfonamida adalah antibiotik yang mampu mengatasi infeksi pada ginjal, akan tetapi antibiotik ini juga memiliki efek samping merusak ginjal. Pastikan pasien mengkonsumsi cukup banyak air untuk mencegah terjadinya pembentukan kristal obat yang bisa mempengaruhi fungsi kerja ginjal. Salah satu obat dari jenis antibiotik ini yang paling populer adalah gantrisin.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

daun pinisilin, khasiat daun pinisilin, www macam antibiotik com, obat antibiotik untuk gondok, merek antibiotik oral buat ginjal, manfaat daun pinisilin, Jenis antibiotik diare, gambar macam macam daun pinisilin, Gambar daun pinisilin, contoh obat antibiotik oral

Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 7 Jenis Antibiotik Yang Anda Patut Ketahui

Grosir Online Murah