Home » Kesehatan » Herbal-Vitamin-Obat » 4 Efek Samping Ibuprofen
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

4 Efek Samping Ibuprofen

Friday, August 10th 2012. | Herbal-Vitamin-Obat

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com – Ada beberapa efek samping ibuprofen yang perlu anda ketahui. Ibuprofen merupakan salah satu obat yang cukup populer sebab masyarakat mengandalkan obat ini untuk mengatasi nyeri golongan non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs). Ibuprofen memiliki kemampuan untuk menghilangkan enzim yang menimbulkan rasa sakit yang dikenal dengan enzim prostaglandin. Ibuprofen sendiri dijual secara bebas di apotek dan toko obat. Namun pemakaian ibuprofen dalam jangka panjang bisa mengakibatkan timbulnya efek samping. Mau tahu apa saja permasalahan kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh obat ini?


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

4 Efek Samping Ibuprofen
Simak bahasan berikut untuk lebih lengkapnya:

  1. Anemia: Siap-siaplah terkena anemia jika anda seringkali mengkonsumsi ibuprofen saat sakit kepala. Anemia ini bisa terjadi akibat retensi cairan, hilangnya darah di saluran pencernaan, dan hancurnya hemoglobin. Sebenarnya tidak hanya ibuprofen yang bisa menyebabkan seseorang menderita anemia. Mereka yang mengkonsumsi berbagai jenis obat NSAID lainnya juga mengalami kejadian yang sama. Jika anda memang terpaksa harus mengkonsumsi obat ini dalam jangka waktu yang panjang, pastikan anda juga melakukan pemeriksaan hemoglobin secara rutin untuk mencegah terjadinya anemia akut.
  2. Efek Kardiovaskular: Memburuknya kerja kardiovaskular adalah efek samping ibuprofen yang cukup berbahaya bagi tubuh. Jika anda setiap hari mengkonsumsi ibuprofen tanpa henti, pastikan anda siap menerima kemungkinan untuk mengidap penyakit jantung bahkan stroke. Tekanan darah pun cenderung naik. Alangkah baiknya bila anda mengkonsumsi ibuprofen dengan dosis tepat yang paling rendah dalam jangka waktu yang tidak lama. Jauhi penggunaan ibuprofen bersamaan dengan obat NSAID lainnya yang bisa mengencerkan darah.
  3. Perdarahan Gastrointestinal: Efek samping ibuprofen yang paling sering dikeluhkan oleh masyarakat berkaitan dengan sistem pencernaan. Permasalahan kesehatan terjadi pada fungsi tubuh yang mencakup peradangan dan masalah pada lambung dan usus. Mereka yang telah berusia senja dan memiliki masalah pencernaan perlu menggunakan ibuprofen dengan sangat hati-hati agar tidak memperparah kondisi kesehatan. Resiko pendarahan semakin tinggi jika kuantitas dan lamanya penggunaan ibuprofen semakin meningkat.
  4. Kerusakan Ginjal: Fungsi ginjal juga dipengaruhi oleh asupan ibuprofen yang anda konsumsi untuk mengobati sakit kepala. Pemakaian jangka panjang bisa mengakibatkan ginjal rusak parah. Permasalahan kesehatan pada ginjal yang seringkali dikaitkan dengan asupan ibuprofen disebut renal papillary necrosis. Ini adalah suatu kondisi dimana ginjal tidak mampu lagi untuk mengkonsentrasikan urin. Efek samping ibuprofen ini akan semakin berbahaya jika dialami oleh mereka yang berusia lanjut dan memiliki masalah kesehatan pada ginjal.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

efek samping ibuprofen, efek samping obat Ibuprofen, efek ibuprofen, bahaya ibuprofen, efek obat ibuprofen, ibuprofen efek samping, efek samping ibu profen, efek samping dari ibuprofen, Efek samping ibupropen, Efek samping dari obat ibu profen

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 4 Efek Samping Ibuprofen

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya