Home » Kesehatan » Gaya Hidup » 9 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

9 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

Thursday, August 9th 2012. | Gaya Hidup

Tips Agar Cepat Hamil

CafeBerita.com - Sehat berpuasa bukan hal yang tak mungkin untuk dirasakan saat menjalankan ibadah wajib ini. Puasa perlu disiasati dengan baik agar tubuh bisa mendapatkan manfaatnya. Pada umumnya puasa memberikan efek positif sehingga tubuh terlihat bugar dan sehat. Akan tetapi anda perlu mengubah sedikit kebiasaan sebab asupan makanan dan minuman yang berkurang saat puasa mau tidak mau akan membuat anda sedikit lemas dalam bekerja dan melakukan aktifitas sehari-sehari.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

9 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan
Berikut ini adalah 9 tips sehat berpuasa saat ramadhan yang bisa anda terapkan agar tubuh selalu aktif dan energik:

  1. Jangan langsung berbuka dalam porsi besar: Saat berpuasa sistem pencernaan beristirahat total sebab anda tidak makan ataupun minum. Bila waktu berbuka telah tiba, jangan langsung memforsir kerja saluran pencernaan dengan makanan yang berat. Awali buka dengan makanan pembuka ringan, misalnya secangkir teh manis, es buah, sup, atau kolak.
  2. Makan yang sehat: Diet sehat diperlukan saat puasa. Santap makanan yang bernilai gizi tinggi. Anda memang disarankan untuk berbuka dengan yang makanan yang manis akan tetapi jangan berlebihan. Kandungan gula yang terlalu tinggi juga tak baik untuk tubuh. Untuk mengisi ulang energi yang hilang, anda bisa mengudap kurma yang kaya akan glukosa dan fruktosa.
  3. Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis: Bila anda mengalami kondisi medis tertentu, pastikan anda telah berkonsultasi dengan dokter ataupun ustadz mengenai masalah ini. Bila dokter menyarankan anda untuk tidak berpuasa, lebih baik ikuti saran tersebut supaya tidak membawa resiko kesehatan yang lebih parah.
  4. Minum yang cukup air: Selama lebih dari 10 jam anda tidak mengasup cairan. Ganti cairan yang hilang dengan minum air secukupnya. Pastikan tubuh mendapatkan 1,5 liter air setiap harinya. Tak ada salahnya bila anda minum banyak saat sahur dan buka.
  5. Menu sahur yang sehat: Sahur sangat penting untuk membuat tubuh tetap fit selama melaksanakan puasa. Anda bisa menyajikan nasi dan ubi-ubian sebagai sumber karbohidrat ditemani dengan buah-buahan sebagai sumber vitamin. Lebih baik bersantap sahur menjelang imsak.
  6. Jangan makan terlalu banyak: Walaupun anda sangat kelaparan saat puasa, hindari makan terlalu banyak saat buka. Konsumsi makanan yang terlalu berlebihan bisa membuat tubuh tidak bebas bergerak apalagi jika anda ingin mengerjakan sholat tarawih dengan khusuk.
  7. Tidur siang: Tips sehat berpuasa selanjutnya adalah tidur siang. Bila anda memiliki waktu luang yang cukup, gunakan saja untuk tidur siang. Dengan begitu anda bisa mengumpulkan energi. Jauhi paparan sinar matahari yang berlebih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.
  8. Penderita diabetes: Penderita diabetes perlu berhati-hati dengan kondisi kesehatan mereka saat menjalankan ibadah ini. Pastikan anda tidak makan makanan yang manis, minum cukup air dan selalu monitor gula darah.
  9. Minimalkan penggunaan tenaga fisik: Bila ingin sehat berpuasa, lakukan olahraga. Akan tetapi pilih olahraga yang ringan-ringan saja seperti bersepeda dan jalan santai. Hindari olahraga intensif yang dilakukan saat pagi atau siang hari. Waktu olahraga yang baik adalah sesaat sebelum berbuka puasa atau 3 jam setelah berbuka puasa.

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For 9 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya