Home » Kesehatan » Gaya Hidup » Cara Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga dengan Baik dan Benar
Jual Power Bank
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Cara Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga dengan Baik dan Benar

Friday, July 27th 2012. | Gaya Hidup

Tips Agar Cepat Hamil

Cara Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga dengan Baik dan BenarCafeBerita.com – Melakukan beberapa gerakan pemanasan sebelum olahraga perlu dilakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat dan meminimalisir cedera. Pemanasan tidak perlu terlalu berat dan melelahkan. Yang penting, cukup untuk mengendurkan otot dan mempersiapkan tubuh untuk mengeluarkan energi ekstra. Pemanasan yang terlalu berat justru akan membuat tubuh merasa lebih cepat lelah sebelum olahraga selesai dilakukan. Walaupun tergolong sebagai gerakan ringan, gerakan pemanasan sebelum olahraga tidak bisa dilakukan secara acak. Semuanya harus dilakukan dalam urutan yang benar dengan cara yang benar pula untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik

Gerakan pemanasan sebelum berolahraga yang perlu dilakukan pertama kali adalah peregangan statis. Ini berfungsi untuk mengendurkan otot-otot supaya lentur dan tidak kaku. Contoh peregangan statis adalah merentangkan anggota badan sejauh-jauhnya dan menahannya selama beberapa detik (biasanya sekitar 16-20 detik). Anggota-anggota badan yang diregangkan biasanya tangan, kaki, leher, dan tubuh secara keseluruhan. Peregangan statis sudah cukup dilakukan bila seluruh anggota badan sudah terasa lentur dan nyaman untuk digerakkan secara bebas.

Setelah peregangan statis selesai dilakukan, Anda bisa melatih kelenturan otot dengan lebih lanjut lagi. Caranya adalah dengan menggerak-gerakkan anggota badan satu persatu dalam gerakan-gerakan kecil yang diulang-ulang secara berirama. Misalnya, untuk melatih otot tangan, bisa dilakukan dengan merentangkan tangan dan menggerakkannya ke kanan dan ke kiri secara berulang-ulang. Gerakan-gerakan semacam ini juga dapat merangsang organ-organ tubuh seperti jantung dan paru-paru agar dapat meningkatkan kinerja sehingga dapat memproduksi energi ekstra untuk berolahraga.

Jika Anda hanya akan melakukan olahraga yang ringan atau santai, melakukan pemanasan dengan cara di atas sudah cukup. Namun, jika olahraga yang akan Anda lakukan cukup berat atau akan dilakukan lebih lama, maka Anda perlu melakukan pemanasan tambahan yang agak sedikit lebih berat, namun tidak terlalu melelahkan. Pemanasan tambahan tersebut dapat berupa lari-lari kecil, lari di tempat, jogging, atau mungkin juga skipping. Yang penting gerakan-gerakan tersebut harus ringan namun dilakukan secara berulang-ulang dengan berirama. Gerakan pemanasan sebelum olahraga yang terlalu berat atau tidak teratur justru akan meningkatkan resiko cedera pada sendi-sendi.

Kalimat yang berkaitan dengan artikel :

senam pemanasan yang benar, cara melakukan senam pemanasan yang benar, cara melakukan pemanasan yang baik, cara melakukan gerakan pemanasan yang benar, urutan stretching, Bagaimana cara melakukan pemanasan yang baik, urutan pemanasan statis, Gerakan senam pemanasan, urutan gerakan senam pemanasan, gerakan pemanasan

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Cara Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga dengan Baik dan Benar

Distributor Sarung Jok Motor

Toko Jam Tangan Terpercaya