Home » Kesehatan » Gaya Hidup » Keuntungan dan Manfaat Bangun Pagi bagi Anda
Tips Agar Cepat Hamil
Mencari Jasa Pemasaran Online ??? KLIK
Mencari Kerjasama Pemasaran Online ??? KLIK

Keuntungan dan Manfaat Bangun Pagi bagi Anda

Sunday, May 13th 2012. | Gaya Hidup

manfaat bangun pagiCafeBerita.com – Pada dasarnya, ada banyak sekali manfaat bangun pagi untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang. Namun, sebagian besar orang tidak menyadari hal itu. Kebanyakan dari mereka sering terlena dengan kenyamanan di tempat tidur dan merasa bahwa tidak ada ruginya jika berbaring hingga beberapa saat lagi. Padahal, bermalas-malasan di tempat tidur justru akan membuat Anda kehilangan banyak manfaat yang berharga. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:


Sapa bilang cowok jelek gak bisa dapet cewek cantik
  • Udara Pagi Baik buat Kesehatan : Manfaat bangun tidur di pagi hari yang pertama kali Anda dapatkan adalah udara. Udara pagi sangatlah baik untuk kesehatan. Hal ini karena udara pagi masih belum tercemar dan suhunya pun masih sejuk. Menghirup udara pagi akan membuat kita segar dan bersemangat untuk memulai hari.
  • Sinar Matahari : Sinar matahari memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembentukan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kebanyakan orang takut dengan sinar matahari karena radiasi sinar UV-nya yang mampu merusak kulit. Namun, sinar matahari pagi memiliki dampak buruk sinar UV yang sangat kecil. Sebaliknya, sinar matahari pagi memiliki manfaat yang lebih baik dalam proses sintesa vitamin D. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk membiarkan sinar matahari pagi memasuki kulit Anda. Selain itu, dengan bangun pagi, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menikmati indahnya matahari terbit. Menikmati pemandangan seperti ini dengan menghirup udara yang segar terbukti dapat memberikan perasaan damai.
  • Keheningan : Dengan bangun lebih awal dibanding orang lain, Anda tidak akan mendengar berbagai macam kebisingan dari orang lain seperti anak-anak yang rewel, suara mesin kendaraan, suara televisi, dan lain-lain. Dengan suasana hening seperti ini, Anda akan merasa damai dan nyaman.
  • Olahraga : Olahraga dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Terutama bila didukung dengan kondisi yang nyaman seperti udara yang segar, sinar matahari yang baik, dan tidak adanya keributan. Menurut hasil riset, olahraga di pagi hari dapat memberikan lebih banyak energi dan mood positif bagi orang yang melakukannya. Jika tidak berolahraga, melakukan yoga atau meditasi juga dapat menjadi pilihan Anda di pagi hari. Melakukan yoga dengan menghirup udara yang segar terbukti dapat memberi dampak yang baik bagi kesehatan jiwa dan raga Anda.
  • Sarapan : Manfaat bangun pagi yang lain lagi adalah Anda akan memiliki cukup waktu untuk menyantap sarapan. Anda mungkin sudah tahu bahwa sarapan adalah makan yang paling penting dalam sehari. Sarapan dapat memberi banyak manfaat. Masih berkaitan dengan sarapan, manfaat lain dari bangun pagi adalah Anda mempunyai waktu untuk menyiapkan menu sarapan yang menyehatkan. Kebanyakan orang yang sring bangun siang memilih makanan siap saji untuk menu sarapan mereka dengan alasan kepraktisan. Padahal, sarapan junk food justru akan membawa efek yang buruk bagi kesehatan Anda.
  • Santai Saat Bersiap-Siap : Bangun kesiangan akan membuat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk beraktivitas seharian. Akhirnya, Anda akan terburu-buru. Padahal, mempersiapkan diri dengan terburu-buru justru akan memperbesar kemungkinan Anda melupakan sesuatu. Akhirnya, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk kembali ke rumah mengambil sesuatu yang tertinggal tersebut. Hal ini akan meningkatkan stress dan membuat Anda semakin terlambat ke kantor dan Anda pun terpaksa harus mengarang-ngarang alasan untuk menutupi kesalahan Anda. Dengan bangun lebih awal, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk bersiap-siap sehingga Anda bisa melakukannya dengan santai dan teliti. Persiapan Anda akan sempurna dan Anda bahkan tidak perlu merasa stress sedikit pun karena terburu-buru dan terlambat.
  • Lebih Produktif : Bangun lebih awal berarti Anda mempunyai lebih banyak waktu. Hal ini tentu saja akan membuat Anda bisa melakukan lebih banyak hal. Belum lagi, udara yang segar dan suasana yang hening membuat Anda lebih santai dan mudah fokus dalam mengerjakan sesuatu.
  • Pekerjaan Lebih Cepat Selesai : Dengan memulai aktivitas Anda lebih awal, tentunya pekerjaan Anda juga akan lebih cepat selesai. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu luang di sore hari setelah Anda selesai bekerja. Waktu ini bisa Anda habiskan untuk hal-hal yang santai dan menyenangkan seperti berjalan-jalan dengan teman atau sekedar bersantai dengan keluarga.
  • Menghindari Kemacetan : Terjebak dalam kemacetan saat Anda berangkat ke kantor pasti membuat Anda stress. Bagaimana tidak? Jalanan yang macet dapat membuang banyak waktu produktif Anda dan bahkan bisa menyebabkan Anda terlambat datang ke kantor. Selain itu, terjebak dalam kemacetan dapat membuat Anda menghabiskan lebih banyak bensin untuk kendaraaan Anda. Belum lagi Anda juga terpaksa harus menghirup udara yang penuh polusi. Dengan bangun lebih awal dibanding orang lain, Anda bisa berangkat ke kantor lebih awal juga dibanding orang lain. Dengan begini, jalanan belum mengalami kemacetan saat Anda berangkat. Anda pun bisa sampai di kantor dengan lebih cepat, menghemat bensin, dan bahkan menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Tentunya, beberapa atau mungkin semua manfaat bangun pagi tersebut akan sangat menguntungkan bagi Anda, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu merubah gaya hidup Anda mulai dari sekarang. Tinggalkan kebiasaan bermalas-malasan di pagi hari demi mendapatkan semua manfaat bangun pagi tersebut.(Citra)


Grosir Online Murah

Artikel Lain yang masih berhubungan :

Comment For Keuntungan dan Manfaat Bangun Pagi bagi Anda

Grosir Online Murah